Kamis, 05 Mei 2011

Manfaat Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dewasa ini banyak kegiatan-kegiatan yang manusia lakukan. Tanpa disadari dalam setiap kegiatan yang manusia lakukan memiliki sebuah urutan tertentu yang logis. Urutan tertentu yang logis inilah yang akan kita bahas.

Algoritma. Apakah "algoritma" itu? Algoritma adalah suatu langkah logis yang digunakan untuk penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Algoritma harus logis agar dapat menentukan hal itu bernilai benar atau salah. Mengapa saya banyak mengulang kata logis? Karena logislah yang menjadi kunci dalam algoritma ;-)

Sebenarnya banyak manfaat-manfaat dari algoritma yang dapat kita jumpai dalam berbagai aktifitas yang kita jalani sehari-hari. Tahukah Anda? Setiap aktifitas atau kegiatan yang kita lakukan pasti mempunya suatu urutan atau step-by-step.

Misal jika kita ingin menghidupkan komputer, maka algoritmanya sebagai berikut :
1. Mulai
2. Hubungkan stop kontak dengan listrik
3. Hidupkan stabiliser jika menggunakan stabiliser
4. Nyalakan monitor atau lcd
5. Nyalakan cpu dan tunggu sampai masuk ke desktop
6. Selesai

Dalam contoh di atas sudah jelas bahwa menghidupkan komputer saja membutuhkan beberapa urutan atau langkah agar komputer bisa menyala. Itulah sebagian kecil penerapan algoritma di sela-sela aktifitas kita. Sebenarnya masih banyak dan mungkin sangat banyak algoritma dalam satu hari, pastilah setiap aktifitas yang kita lakukan berkaitan dengan algoritma.

Sekian dari Manfaat Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga bermanfaat^^.

Related Post :

InfoBisa 2009-2011